INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Langse, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen

PENYULUHAN DIGITAL MARKETING BERSAMA UMKM ANYAMAN DAUN PANDAN DESA LANGSE

PENYULUHAN DIGITAL MARKETING BERSAMA UMKM ANYAMAN DAUN PANDAN DESA LANGSE

Langse, 

         UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah bentuk dukungan ekonomi di desa Langse. Salah satu UMKM yang berkembang di desa Langse adalah kerajinan anyaman daun pandan. UMKM mereka dikelola secara pribadi oleh masyarakat dusun Glagahamba. Potensi ini sangat baik untuk kemajuan ekonomi di desa Langse sendiri. Potensi anyaman daun pandan ini sudah berkembang di desa Langse secara turun temurun.

            Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Tim KKN UNSOED Desa Langse tahun 2022, UMKM anyaman daun pandan memiliki beberapa kendala. Salah satu kendala utama UMKM anyaman daun pandan yaitu terkait dengan pemasaran hasil kerajinan. Dengan demikian, Tim KKN UNSOED Desa Langse tahun 2022 bekerjasama dengan pemerintah desa setempat untuk mengadakan penyuluhan “Digital Marketing”. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengenalkan metode pemasaran lain yang belum pernah dilakukan oleh UMKM anyaman daun pandan.

            Penyuluhan Digital Marketing dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022 di kediaman Ibu Sartiyem. Kegiatan ini diikuti oleh pelaku UMKM anyaman daun pandan dan dihadiri oleh Kepala Dusun Glagahamba, serta Kepala Seksi Pemerintahan Desa. Pelaku UMKM mengikuti kegiatan penyuluhan Digital Marketing dengan antusias. Dalam kegiatan penyuluhan, dilakukan pembentukan kelompok UMKM yang disepakati dengan nama “Pandan Sari”. Pembentukan kelompok diikuti dengan kegiatan penyusunan struktur organisasi dimana Ibu Sartiyem terpilih sebagai ketua kelompok tersebut. Pembentukan kelompok “Pandan Sari” bertujuan untuk mendapat legalitas kelompok tersebut. Dengan adanya legalitas tersebut, harapannya kelompok UMKM anyaman daun pandan bisa berkembang dan dipasarkan lebih luas.

Setelah pembentukan kelompok “Pandan Sari” dilaksanakan penentuan merek dagang dari anyaman daun pandan tersebut. Merek dagang yang terpilih yaitu “Godhongpule Souvenir” yang harapannya mudah dikenali oleh masyarakat secara luas. Lanjutan dari penyuluhan Digital Marketing ini yaitu pembuatan akun sosial media untuk pemasaran lebih luas. Platform yang digunakan yaitu facebook yang diberi nama akun “Anyaman Langse”. Selain pembuatan akun tersebut, dilakukan juga pelatihan penggunakan sosial media tersebut untuk keberlanjutan pemasaran anyaman daun pandan secara mandiri.

Oleh  : KKN UNSOED 2022

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Produk Desa Terkait

Kebumen Terkini

Arsip Produk Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3