INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Langse, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen

SOSIALISASI PENGGUNAAN ALAT ANTROPOMETRI

SOSIALISASI PENGGUNAAN ALAT ANTROPOMETRI

Langse_ Dalam Upaya pencegahan penurunan angka stunting di Kebumen, salah satu langkah yang di tempuh adalah melalui penimbangan rutin setiap bulan di Posyandu di masing masing Desa, dimana di dalam posyandu balita akan diukur pertumbuhan fisik meliputi Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Kepala dan Lingkar Lengan. dan hasilnya nanti bisa menjadi deteksi awal tumbuh kembang anak apakah sudah sesuai dengan usianya ataukah belum.

Sesuai dengan aturan dinas Kesehatan Kebumen bahwa dalam penilaian kasus stunting sering kali terdapat kekeliruan terutama karena kurang validnya alat yang digunakan untuk pengukuran. oleh karena itu Dinkes Kebumen melakukan terobosan melalui Puskesmas Karangsambung dengan meminjamkan asset milik Puskesmas kepada Posyandu posyandu di Kecamatan Karangsambung berupa alat antropometri yang akan dibagikan kepada tiap posyandu di Desa.

Alat antropometri tersebut terdiri dari :

Timbangan Berdiri Digital, Timbangan Baby Scale,Stadiometer /pengukur TB, Infantometer /Penguur Panjang Badan dan metline.

Dalam rangka menyambut datangnya alat antropometri tersebut di atas pada hari ini, Selasa 7 Nopember 2023 bertempat di Balai Desa Langse, Kader Kesehatan Melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Alat Antropometri yang di pandu oleh Bidan Desa Langse Ibu Hidayatur Rofi'ah agar pada saat penerimaan alat nanti para kader sudah bisa menggunakan alat tersebut dengan baik dan benar.

kegiatan tersebut diikuti Oleh seluruh kader posyandu di desa langse dengan biaya swadaya.

" walaupun alatnya modern dan canggih tapi kalau penggunaannya tidak tepat juga tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal, oleh karena itu sosialisasi ini sangat perlu dilakukan agar para kader mengetahui tata cara pengukuran yang benar " kata ibu Hidayatur Rofiah selaku Nara sumber kegiatan pada hari ini.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2

Polling 3